Setiap file dan direktori dalam filesystem pada sistem operasi Linux, Unix, macOS, freeBSD, atau openBSD dapat diakses bila kita mengetahui jalur atau path direktorinya.

Absolute Path

Absolute path artinya path ditulis dengan lengkap dari nama parent directory sampai nama filenya. Misal, /home/tux/aloha.txt untuk mengakses berkas aloha.txt atau /home/tux/linux/ untuk mengakses direktori. Ciri utama absolute path diawali dengan /.

Contoh penggunaan absolute path.

cd /home/tux/linux/

Relative Path

Relative path artinya path tidak ditulis lengkap, tetapi berdasarkan posisi direktori yang sedang anda akses atau sering disebut direktori kerja atau working directory. Misal, saat ini anda berada di direktori /home/.

Maka cukup dituliskan tux/aloha.txt untuk mengakses berkas aloha.txt didalam direktori tux atau tux/linux/ untuk mengakses direktori bernama linux didalam tux. Nama working directory dapat diganti dengan sebuah tanda . (single dot atau titik tunggal), sedangkan parent directory dapat digantikan dengan tanda .. (double dot atau titik ganda). Ciri utama relative path adalah tidak diawali oleh /.

Contoh penggunaan relative path.

cd home
cd tux/linux/