Ruby termasuk asing di kalangan pelajar Indonesia, padahal Ruby sebenarnya bukan bahasa bahasa pemrograman baru. Bahasa pemrograman Ruby diciptakan oleh seorang berwarganegaraan Jepang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993. Memang tidak cukup populer di seluruh dunia karena belum terdapat proyek Ruby yang ‘wah’.

Namun pada tahun 2004, Bahasa Ruby menjadi populer karena adanya web application framework Ruby on Rails dimana mempermudah developer dalam membuat aplikasi web. Sejak proyek ‘wah’ yaitu Ruby on Rails, Ruby menjadi bahasa yang mulai populer. Mungkin sampai beberapa tahun mendatang akan menjadi lebih populer lagi. Tertarik untuk belajar Ruby dari dasar? Bagi anda yang ingin mempelajari bahasa Ruby, simak tips berikut untuk memulainya.

  1. Untuk mengetahui apa itu bahasa pemrograman Ruby, kunjungi halaman Tentang Ruby.
  2. Kunjungi halaman Menguasai Ruby dalam 20 Menit untuk perkenalan sintaks bahasa Ruby dalam bahasa Indonesia dan buku poignant-guide.
  3. Jika anda sebelumnya telah mempelajari bahasa pemrograman lain, ada baiknya kunjungi halaman Dari Bahasa Pemrograman Lain ke Ruby.
  4. Setelah merasa cukup, kunjungi Try Ruby untuk langsung mencoba bahasa Ruby secara online.
  5. Dan yang terakhir, agar lebih dalam menguasai bahasa pemrograman ruby, kunjungi halaman Dokumentasi.