Logo Golang

Bahasa pemrograman Go atau biasa disebut Golang saat ini sedang naik daun karena banyak perusahaan menggunakan Golang terutama startup - startup di Indonesia terkait performanya. Alhasil banyak yang tertarik belajar Golang, termasuk saya sendiri. Berikut ini adalah daftar situs untuk tempat saya belajar Golang online.

Golang Tour

Golang Tour adalah paling saya rekomendasikan dan merupakan situs resmi dari Golang untuk memperkenalkan pengguna baru belajar bahasa pemrograman Go.

Go By Example

Setelah paham dasar-dasar bahasa pemrograman Golang melalui Golang Tour, selanjutnya dapat mempelajari fitur-fitur lain dari golang melalui Go by Example. Selain contoh kode yang mudah dipahami, satu hal yang saya suka pada Go By Example adalah penjelasan pada setiap baris contoh kode yang ditulis.

Selain itu ada beberapa hal yang tidak dijelaskan pada Golang Tour yang dijelaskan pada Go by Example seperti Worker Pools dan Channels.

Go Language Collective pada Stack Overflow

Pada 23 Juni 2021 Golang bekerja sama dengan Stack Overflow membuat Go Language Collective sebagai tempat untuk tanya jawab dan mendapatkan jawaban yang tepat. Menurut saya ini tempat belajar online golang tambahan yang pas. Kode dari yang bertanya dan yang menjawab dapat kita coba untuk belajar.

Menurut saya Golang Tour dan Go by Example saja sudah cukup untuk belajar dasar-dasar bahasa pemrograman Golang, namun dengan adanya Go Language Collective akan memperbanyak use case untuk belajar.

Terakhir sebagai tips, jangan lupa dicatat. Jika ada use case menarik, agar tidak perlu googling lagi saya sendiri menulis catatan Golang ada di blog ini atau kadangkala menulis di Railsmine jika sedang ingin mencatat dalam bahasa inggris.