Logo PostgreSQL

PostgreSQL adalah merupakan database gratis dan open source favorit saya salah satunya karena DBMS yang paling mendekati ISO standard SQL. Bagi yang ingin mencoba PostgreSQL, download PostgreSQL bisa klik di sini.

Saya biasanya menggunakan klien standar dari PostgreSQL yaitu psql. Namun semakin banyak database, table, dan data membuat produktifitas bekerja menurun. Saya mencoba menggunakan beberapa GUI client PostgreSQL Mac gratis untuk meningkatkan produktifitas, berikut review-nya.

1. pgAdmin

pgAdmin merupakan GUI client khusus PostgreSQL paling populer dan sangat komplit. Namun tampilannya membingungkan untuk yang pertama kali coba, terlalu banyak menu yang ditampilkan.

2. DBeaver

DBeaver menurut saya tidak sekomplit pgAdmin, namun lebih enak digunakan untuk query SQL dan tampilannya tidak sekompleks pgAdmin. Selain itu juga support database lain seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, Oracle, DB2, SQL Server, Sybase, MS Access, Teradata, Firebird, Apache Hive, Phoenix, dan Presto.

3. Postico

Postico merupakan client PostgreSQL khusus Mac dan versi gratis hanya support satu tab. Walau begitu Postico sangat enak digunakan untuk melihat data dan query dibandingkan pgAdmin dan DBeaver.

4. TablePlus

TablePlus untuk melihat data suatu table sangat enak, mirip dengan Postico. Beda dengan Postico adalah TablePlus support database lain selain PostgreSQL, mirip dengan DBeaver.

GUI Client Yang Saya Gunakan

Saya sendiri install tiga client, pgAdmin, DBeaver dan Postico untuk Macbook Pro saya. Postico untuk melihat data karena tampilan sangat enak, pgAdmin atau DBeaver saya gunakan jika saya butuh fitur yang lain yang agak kompleks. TablePlus saya uninstall karena untuk melihat data enaknya mirip dengan Postico dan fitur lain yang lebih kompleks lebih enak menggunakan DBeaver atau pgAdmin.