Belakangan saya sedang mengerjakan fitur dengan menggunakan bahasa pemrograman C# (C Sharp). Pada tulisan ini saya membahas sedikit review mengenai C# (C Sharp) dan beberapa rekomendasi terkait Microsoft C#.

Review C#

C# sangat cocok banget untuk baru belajar programming. Selain menanamkan fundamental bahasa pemrograman dan Object Oriented Programming (OOP), C# memiliki tutorial yang bagus dari Microsoft.

Selain itu juga disediakan IDE Visual Studio gratis. Bagi pengguna Visual Studio Code juga disediakan extensions C# yang memudahkan pemrograman.

Setup C# melalui dotnet juga mudah serta support tidak hanya sistem operasi Windows, tetapi juga di Mac dan Linux.

Terakhir, karena banyak pengguna C#, jika bingung cukup mudah untuk googling mencari solusi.

Rekomendasi link untuk belajar C#, cukup melalui dua link dari Microsoft berikut

Jika ingin langsung belajar dengan membuat aplikasi, saran saya coba bikin aplikasi Console sederhana dengan tutorial Hello World ini.

Extensions Visual Studio Code

Jika tidak mau install Visual Studio, namun lebih memilih Visual Studio Code, berikut ini adalah beberapa extensions yang memudahkan pemrograman C# pada Visual Studio Code.

  • C# - Ekstensi official dari Microsoft. Ekstensi yang sangat wajib di-install dan paling penting untuk pemrograman C# dengan Visual Studio Code.
  • vscode-solution-explorer - ekstensi ini menambahkan File Explorer pada Solution C# yang kita buat pada Visual Studio Code.
  • NuGet Gallery - dengan menggunakan ekstensi ini, install dan uninstall package C# dari NuGet bisa melalui Visual Studio Code tanpa perlu sentuh command line.
  • Test Explorer for .NET Core - untuk test unit explorer.