Saya selama ini menggunakan browser Google Chrome untuk kebutuhan sehari - hari ataupun untuk development. Setelah Firefox Quantum dan Safari 11 rilis, saya penasaran dengan performance kedua browser tersebut terhadap browser Google Chrome.

Saya melakukan benchmark ketiga browser tersebut pada mesin MAC OS saya dengan spesifikasi berikut:

  • Mesin: MacBook Pro (Retina, 15-inch, mid 2015)
  • Sistem Operasi: macOS High Sierra 10.13.2
  • Processor: 2,5 GHz Intel Core i7
  • Memory: 16 GB 1600 MHz DDR3
  • Graphics: Intel Iris Pro 1536 MB

Spesifikasi Browser:

  • Safari 11.0.2
  • Google Chrome 63.0.3239.108
  • Firefox 57.0.1

Benchmark Safari 11 vs Google Chrome 63 vs Firefox 57 (Quantum)

Ares-6

Cara benchmark Ares-6 adalah membandingkan performansi saat eksekusi fitur - fitur terkini dari Javascript seperti arrow function, symbol, dan interpolation. Pada benchmark ini Safari 11 merupakan pemenangnya, diikuti Google Chrome 63 yang tidak berbeda jauh. Sedangkan Firefox 57 sekitar 3 lebih lambat dibandingkan Safari 11. Pemenang: Safari 11.

browser benchmark javascript Ares-6, best browser: Safari 11

JetStream

Dibandingkan Ares-6, JetStream lebih banyak variasi saat melakukan benchmark seperti operasi pada pdfjs dan zlib. Pada benchmark ini Safari 11 memiliki performance paling bagus dengan selisih lumayan jauh. Pemenang: Safari 11.

browser benchmark javascript JetStream, best browser: Safari 11

Kraken

Kraken merupakan tool benchmark javascript besutan Mozilla. Walaupun dibuat oleh Mozilla, ternyata Safari 11 memiliki performansi lebih baik dibandingkan Firefox 57 (Quantum). Sedangkan Google Chrome 63 memiliki hasil paling jelek. Pemenang: Safari 11.

browser benchmark javascript Kraken, best browser: Safari 11

MotionMark

MotionMark merupakan tool untuk benchmark grafis. Hasil dari benchmark lagi - lagi Safari 11 memiliki hasil paling bagus sedangkan Firefox 57 hasilnya sangat jelek dan memiliki nilai sekitar seperempat dari Safari 11. Pemenang: Safari 11.

browser benchmark grafis MotionMark, best browser: Safari 11

Speedometer

Speedometer melakukan pengukuran dengan melihat performance dari tingkat responsif dari aplikasi web. Safari 11 lagi - lagi yang terbaik dan Firefox 57 memiliki skor paling rendah. Pemenang: Safari 11.

browser benchmark user interaction responsiveness, best browser: Safari 11

Kesimpulan

Dari semua benchmark Safari 11 selalu menjadi terbaik pada Macbook Pro dengan sistem operasi macOS High Sierra. Menurut saya hasil ini juga wajar karena Safari memang didesain untuk ekosistem di macOS.

Selain itu ditambah klaim Apple dimana membuat bateri lebih tahan lama dua kali lipat saat nonton Video dari Netflix membuat saya yang hobi nonton Netflix semakin memilih Safari 11 untuk browser utama saat ini.