HTML Meta Tag http-equiv

Selain melalui web server salah satu cara redirect suatu URL adalah dengan meta tag HTML dan atribut http-equiv.

<meta http-equiv="refresh" content="0; url=https://www.kaklabs.com">

Atribut http-equiv dapat mengandung beberapa value, namun yang digunakan untuk redirect adalah refresh.

Atribut http-equiv="refresh" artinya berapa detik yang harus ditunggu hingga halaman web melakukan reload hanya jika isi dari content adalah integer positif.

Sedangkan atribut content="0; url=https://www.kaklabs.com" artinya setelah halaman termuat sepenuhnya oleh peramban atau browser, peramban tersebut akan melakukan redirect ke https://www.kaklabs.com setelah menunggu selama 0 detik.

Contoh Penggunaan

Salah satu use case penggunaan HTML meta tag ini adalah ketika kita punya akses edit HTML, dan ingin memindahkan konten ke domain lain serta pengunjung otomatis terarahkan ke domain yang baru, namun tidak punya akses server. Sebagai contoh adalah Blogger atau Blogspot.

Berikut contoh HTML tag yang saya gunakan untuk redirect artikel dari https://kuntoaji.blogspot.com/2008/08/absolute-path-relative-path.html ke https://www.kaklabs.com/2008/08/20/absolute-path-relative-path.html

<meta http-equiv="refresh" content="0; url=https://www.kaklabs.com/2008/08/20/absolute-path-relative-path.html">
<a href="https://www.kaklabs.com/2008/08/20/absolute-path-relative-path.html">Pindah ke https://www.kaklabs.com/2008/08/20/absolute-path-relative-path.html</a>